Wisata Watu Gendong, Wisata Anyar yang Muncul dari Ngawen

Wisata Watu Gendong yang beralamat di dusun Tungkluk desa Beji kapanewon Ngawen kabupaten Gunungkidul, muncul sebagai tempat wisata terbaru. Wisata ini mempunyai ikon batu besar, yang dinamakan Watu Gendong . Di pelataran batu inilah, segenap pemerintahan desa dan pemuda karang taruna menggagas wisata baru.

Kabupaten Gunungkidul adalah satu wilayah dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini telah berdiri sejak 190 tahun yang lalu. Berbatasan langsung dengan samudera hindia di bagian selatan, memungkinkan Gunungkidul menyimpan ratusan pantai indah.

Beberapa tahun terakhir, kabupaten Gunungkidul marak dengan banyaknya tempat wisata, baik itu wisata alam maupun pengembangan desa wisata. Karena hal ini terbukti banyak membawa dampak positif, baik itu kepada pemerintahan, maupun warga sipil.

Inilah salah satu alasan yang menjadi  pemicu semangat  pemerintah desa Beji dan segenap pemuda karang taruna mengembangkan desa ini. Semangat ini sebenarnya sudah sejak tahun 2010, bahkan sudah ada langkah konkret, namun dengan berbagai alasan program in vakum.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah kapanewon Ngawen, pokdarwis (kelompok sadar wisata), hingga dinas pariwisata Gunungkidul, Akhirnya desa wisata ini bisa kembali terwujud,meski masih dalam tahap perkembangan.

Wisata Watu Gendong, Wisata Anyar yang Muncul dari Ngawen
wartahandayani.com

Yuk Lihat, Ada Apa Saja di Wisata Watu Gendong

Secara umum, wisata ini menawarkan hamparan tanah di bawah bukit yang asri dan suasana angin berhembus sepoi sepoi. Dengan latar belakang bukit dan batu besar, Anda bisa menikmati suasana nongkrong yang asik, kuliner setempat, spot foto, maupun live music setiap malam minggu.

Misteri Batu Besar

Batu ini menurut warga setempat bernama Watu Gendong, yang berarti batu yang digendong. Setidaknya ada empat buah batu besar di tempat ini. Konon, mitos yang berkembang batu ini berasal dari gunung merapi yang dibawa dengan cara digendong. Namun kebenaran informasi mengenai batu ini tidak ada yang mengetahui.

Sebagian masyarakat menjadikan benda ini sebagai sesuatu yang sakral, tapi hanya sekedarnya saja. Terbukti dengan dikembangkannya wisata ini, memberikan kesan kepada generasi sekarang untuk tidak terlalu percaya mitos atau lebih tepatnya jangan jadikan mitos sebagai penghalang untuk sebuah kemajuan.

Pameran Kerajinan dan Kuliner Setempat

Disamping menawarkan watu gendong dan tanah lapangnya, pihak pengelola juga mengadakan taman kuliner dari sore sampai malam di tempat itu. Taman kuliner ini pelaku usahanya adalah warga setempat, jadi ini salah satu bentuk membuka lapangan usaha baru.

Selain itu juga akan ada pameran kerajinan wayang kulit, yang kemudian ditujukan ke tempat pengrajin di desa tersebut. Selain itu ada pentas gamelan, karawitan di waktu-waktu tertentu. Upaya ini selain meningkatkan ekonomi masyarakat, juga bentuk edukasi kepada masyarakat tentang budaya Jawa.

Fasilitas

Aula atau pelataran watu gendong,sejak diresmikan pada awal tahun 2021, telah mengadakan acara yang dihadiri tokoh penting. Baik itu senam, peresmian maupun live music. Kabarnya setiap malam minggu akan ada live music dengan mengundang band daerah.

Di tempat ini bisa juga digunakan untuk pecinta alam, Anda bisa mendirikan camp dan bermalam di area ini. Tempat ini bisa juga digunakan untuk keperluan outbound maupun kegiatan alam lainnya. Ada pula fasilitas kamar  mandi dan mushola yang portable.

Jalur Menuju Watu Gendong

Lokasi wisata Watu Gendong termasuk strategis, dan dekat  dengan jalan raya. Bila Anda dari arah kecamatan Ngawen maka dari pasar ambil arah ke barat lurus sekitar kurang lebih 5 kg. Sedangkan bila Anda dari arah kecamatan Nglipar, bisa menuju ke timur hingga ada pertigaan di tengah jalan ada pohon ambil kiri arah hutan wisata Wonosadi, dari jalan Nglipar Ngawen berjarak kira kira 500 meter saja. Jalannya sudah aspal halus, tidak ada jalan yang rusak.

Bila Anda mau datang ke wisata Watu Gendong, kami sarankan untuk datang di sore hingga malam hari. Anda bisa menikmati waktu sore untuk sekedar nongkrong, reuni dan makan malam dengan latar alam yang eksotis. Selain Anda bisa menikmati wisata ini, Anda juga sudah termasuk membantu perekonomian masyarakat setempat

Begitulah kurang lebihnya deskripsi sebuah tempat wisata baru yang mungkin bisa Anda jadikan referensi ketika mau berlibur bersama keluarga, teman maupun pacar. Wisata Watu Gendong ini juga bisa untuk kebutuhan camping, outbond dan kegiatan alam lainnya.