Gua Rancang Kencono Gunungkidul Wisata Bersejarah Zaman Mataram

Gua Rancang Kencono Gunungkidul menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yang kaya dengan berbagai tempat bersejarah. Bahkan tempat tersebut kini justru dijadikan destinasi wisata yang banyak diminati para wisatawan.

Tidak hanya hamparan pantai dengan pasir putihnya yang terkenal. Namun, Gunungkidul juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Ada bukit, embung, tempat bersejarah, hingga gua yang menyimpan banyak keindahan di dalamnya.

Salah satunya yaitu Gua Rancang Kencono. Gua bawah tanah ini masih menyimpan banyak keunikan tersendiri. Meski Gunungkidul memiliki banyak gua dalam tanah, namun semua memiliki kelebihannya masing-masing. Seperti halnya gua yang satu ini menyimpan banyak sejarah sejak zaman kerajaan terdahulu.

Setiap gua memang memiliki filosofi tersendiri. Sehingga banyak menyimpan aneka ragam budaya dan tradisi di dalamnya. Tidak sedikit gua di Gunungkidul justru kini menjadi destinasi wisata menarik yang cukup populer.

Goa Rancang Kencono Gunungkidul Wisata Bersejarah Zaman Mataram
eksotisjogja.com

Sejarah Gua Rancang Kencono Gunungkidul

Gua Rancang Kencono menjadi salah satu wisata bersejarah Gunungkidul yang bisa anda kunjungi. Tidak hanya tempatnya yang menarik, namun sejarah di dalamnya juga menjadi misteri. Tempat yang satu ini memang sering dijadikan kajian bersejarah sejak dulu.

Pemandangan stalaktiknya yang menawan menyimpan banyak cerita menarik. Sehingga mampu menarik wisatawan untuk berkunjung. Gua ini memang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan justru menjadi tempat peradaban.

Hal ini tampak terbukti dengan adanya penelitian jika tempat ini menjadi lokasi singgah zaman purba. Ada juga fakta sejarah lainnya yang mengatakan jika terjadi kisah pelarian Laskar Mataram di tahun 1720. Perlawanan terhadap penjajah Belanda ini terjadi di Goa Rancang Kencono.

Sehingga berita yang beredar jika lokasi wisata yang satu ini justru menjadi tempat persembunyian. Zaman dahulu gua ini dimanfaatkan untuk tempat bersemedi, merancang siasat dalam melawan penjajah Belanda.

Maka dari itu, dinamakan Gua Rancang Kencono. Arti dari nama tersebut yaitu Rancang adalah rencana dan Kencono memiliki arti emas atau mulia.

Fasilitas

Setiap tempat wisata tentu disediakan fasilitas yang bisa membuat pengunjung merasa betah. Begitu juga dengan Goa Rancang Kencono Gunungkidul ini. Memiliki fasilitas yang bisa dibilang cukup lengkap.

Adapun beberapa fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan. Tersedia mushola, toilet, area camping, dan tempat parkir yang luas. Sehingga anda bisa menikmati tempat wisata dengan nyaman.

Harga Tiket

Gua Rancang Kencono ini memang memiliki pesona yang berbeda dari tempat lainnya. Untuk bisa menikmati indahnya gua, anda bisa membayar tiket masuk sebesar Rp. 35.000/orang. Sedangkan jika anda menggunakan kendaraan pribadi, akan dikenakan tarif parkir.

Sepeda motor akan ditarik biaya sebesar Rp. 2000/kendaraan. Lalu untuk kendaraan roda empat wajib bayar biaya parkir sebesar Rp. 5.000/kendaraan.

Untuk jam bukanya sendiri, Gua Rancang Kencono Gunungkidul setiap hari bisa anda kunjungi. Jamnya mulai dari pukul 08.00 dan akan tutup pada pukul 17.00 WIB. Sehingga anda bisa berkunjung ke tempat bersejarah ini kapan saja di jam-jam yang sudah ditentukan.

Lokasi Wisata

Gua di Gunungkidul memang cukup banyak dan beragam. Jika anda penasaran dan ingin mengunjungi tempat bersejarah yang satu ini cukup mudah. Lokasi wisata tepatnya berada di alamat Mungguran II, Bleberan, Kecamatan Playen.

Jika anda ingin berkunjung cukup dekat dari pusat kota Jogja. Bahkan anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke lokasi. Setelah sampai di Gua Rancang Kencono Gunungkidul, nikmati indahnya wisata bersejarah yang menakjubkan.