Wisata Hutan Wanagama yang Masih Asri dan Indah

Gunungkidul memang khas dengan banyaknya tempat wisata alam yang masih asri dan indah. Salah satu tempat wisata alam yang menjual latar perhutanan di Gunungkidul adalah wisata hutan Wanagama. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin mengisi kegiatan liburan di Gunungkidul. Pemandangan di hutan ini sangat indah.

Dulu hutan ini pernah tandus disebabkan banyaknya penebang liar yang tidak bertanggung jawab. Karena hal itu, Prof Oemi Hani’in bertekad melakukan penghijauan yang akhirnya bisa mengubah daerah tandus ini menjadi asri kembali.

Awalnya Prof Oemi Hani’in, menanam di lahan seluas 10 hektar yang akhirnya menarik perhatian para pecinta alam dan pemerintah. Dari situ akhirnya mereka bekerja sama dan melakukan reboisasi besar-besaran di daerah tandus tersebut hingga 600 hektar seperti saat ini.

Wisata Hutan Wanagama yang Masih Asri dan Indah
youtube.com

Hal yang Ada di Wisata Hutan Wanagama

Hutan ini memiliki tiga sumber mata air yakni sungai Oya, Sendaga Ayu, dan Banyu Tibo yang selalu menyuplai kebutuhan air hutan ini. dengan adanya sumber air ini membuat ketenangan tersendiri bagi para pengunjung. Anda bisa bersantai sambil mendengarkan gemericik suara air yang mengalir.

Di dalam hutan, terdapat satu pohon yang membuat hutan ini dikenal dan mendunia. Pohon tersebut adalah pohon jati, yang ditanam langsung oleh Pangeran Charles pada tahun 1989 saat berkunjung di hutan Wanagama.

Konon pohon jati tersebut memiliki hubungan yang unik dengan Pangeran Charles, sebab saat diumumkan kabar perpisahannya dengan Ratu Diana, pohon itu ikut mengering seperti ikut berduka atas perpisahan sang pangeran. Saat berkunjung ke Wanagama, Pangeran Charles juga meninggalkan rute di hutan tersebut. Bahkan saat ini rute tersebut menjadi, rute terfavorit oleh para pengunjung.

Lokasi

Lokasi dari objek wisata hutan Wanagama ini sudah termasuk bagus dan mudah di tempuh menggunakan kendaraan. Bahkan lokasinya sama dengan lokasi menuju Pantai Baron. Namun, lokasi hutan Wanagama ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Alamat dati tempat wisata ini berada di desa Banaran, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda ingin berkunjung dan tidak ingin kebingungan dengan rutenya, bisa mencarinya lewat Google Maps.

Jarak Lokasi

Jarak lokasi tempat wisata hutan Wanagama dari pusat kota Yogyakarta lumayan jauh, yakni sekitar 27,8 kilometer. Sedangkan untuk waktu tempuhnya bila menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota menuju lokasi hutan wanagama ini sekitar 1 jam 5 menit.

Harga Tiket Masuk

Untuk biaya masuk ke hutan Wanagama ini cukup terjangkau yakni hanya 5.000 rupiah per orang saja. untuk biaya perkitnya, anda akan dikenai tarif sebesar 3.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil. Dengan harga tersebut anda sudah bisa menikmati pemandangan yang sejuk dan nyaman.

Fasilitas yang Disediakan

Fasilitas dari wisata alam ini juga cukup lengkap. Anda yang berminat mengunjungi hutan ini akan mendapatkan fasilitas yang memadai. Ada berbagai sarana fasilitas yang bisa anda gunakan diantaranya seperti sarana outbond, camping ground, aula untuk tempat pertemuan, trek hiking, toilet umum hingga wisam.

Anda yang pecinta alam pasti akan merasa nyaman berada disana. Apalagi untuk anda yang menyukai hiking dan berkemah. Tempat ini akan menjadi sarana yang tepat untuk mewujudkannya.

Dengan fasilitas tersebut wisata hutan Wanagama bisa menjadi tempat yang cukup nyaman untuk dikunjungi. Maka dari itu, jangan sampai anda melewatkan serunya kegiatan hiking dan camping di hutan wisata ini.