Goa Rancang Kencana yang Menawarkan Wisata Alam dan Sejarah

Goa Rancang Kencana merupakan salah satu dari banyaknya goa di Gunungkidul. Keberadaan goa ini masih menjadi misteri, karena dulunya pernah di tinggali manusia bahkan sampai ribuan tahun. Goa ini berbentuk vertikal yang berada di pegunungan kapur di Gunungkidul.

Rancang Kencana digunakan sejak zaman megalitikum, kerajaan Mataram Islam. Dalam gua ini, ada banyak cerita sejarah, mulai dari pelarian dan pengusiran penjajah Belanda dan penyusunan strategi perang dilakukan di dalam gua ini. Lalu, sejarah dari goa ini dicatat dalam buku Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta yang dibuat oleh balai pelestarian purbakala Yogyakarta tahun 2003.

Goa Rancang Kencana yang Menawarkan Wisata Alam dan Sejarah
youtube.com

Berikut Informasi Mengenai Goa Rancang Kencana

Dulunya, goa ini digunakan sebagai tempat persembunyian dan menjadi saksi bisu sejarah kemerdekaan Indonesia. Goa ini memiliki beberapa ruang. Di ruang pertama anda bisa bersantai di sana karena memiliki luas 20  x 20 meter, cukup luas bukan.

Ruang ini biasanya digunakan berkumpul warga, dan sekarang ruang ini dijadikan sebagai ruang bulu tangkis oleh warga sekitar. Ruang kedua, mungkin akan agak sempit dari ruang sebelumnya. Di sini anda akan bertemu dengan arca berbentuk kendaraan dewa Siwa. Ruang inilah yang biasanya digunakan untuk bersemedi.

Di ruangan ketiga mungkin anda harus sedikit merangkak untuk menuju ruangan tersebut. Disana anda akan menemukan lukisan bendera merah putih, lambang garuda, dan ada tulisan “prastya bhinnekaku” yang menjadi penyemangat pasukan laskar Mataram saat berperang.

Lokasi

Lokasi dari wisata Goa Rancang Kencana cukup mudah untuk dijangkau, karena tempat wisata goa di Gunungkidul ini berdekatan dengan wisata air terjun Sri Gethuk. Alamatnya berada di Dusun Mungguran II Bleberan, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Perjalanan

Sama dengan lokasinya yang mudah ditemukan, rute dari objek wisata alam ini juga cukup mudah untuk ditempuh. Jalan pun sudah diperbaiki, jadi jika anda kesana menggunakan kendaraan roda empat juga sudah nyaman.

Jika anda memulai dari titik 0 km dari pusat Yogyakarta, maka anda bisa melewati jalan Panembahan Senopati, kemudian belok ke selatan melewati Jl. Brigjen katamso dan lurus terus hingga pertigaan. Setelah menemukan pertigaan anda bisa belok timur dan melewati Jl. Kolonel Sugiono, lurus terus hingga bertemu pertigaan lagi.

Setelah itu, anda bisa belok ke selatan hingga melewati Jl. Sisingamangaraja dan lurus terus hingga Jl. Imogiri Barat. Dari sana, anda bisa lurus terus hingga bertemu perempatan Ringroad Selatan, disana anda akan melewati Jl. Nasional 3, anda bisa lurus terus hingga bertemu perempatan lagi.

Kemudian anda bisa belok kiri, menuju Jalan Imogiri Timur, lurus terus hingga pertigaan, lalu belok ke selatan melewati Jalan Pleret. Dari situ, anda akan melewati tiga jalan yakni Jl. Sugeng Riyadi, Jl. Segoroyoso, dan Jl. Air Terjun Sri Gethuk. Setelah itu anda akan sampai pada tempat tujuan. Lebih jelasnya anda bisa mencari rute tercepat lewat Google Maps.

Jarang yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja hingga goa cukup jauh, yakni sekitar 35,3 km. Dengan waktu tempuh normal menggunakan roda dua. Anda akan sampai disana sekitar 1 jam 12 menit.

Harga Tiket

Harga tiket untuk masuk di dalam goa Rancang Kencana ini cukup murah yakni hanya Rp 35.000 per orang, dan sudah termasuk harga masuk ke air terjun Sri Gethuk. Dengan harga terjangkau tersebut anda bebas menjelajahi gua dengan puasa sekaligus menikmati keindahan air terjun.

Untuk  harga parkir bagai wisatawan yang membawa kendaraan pribadi, tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini sudah menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Untuk kendaraan bermotor biasanya dikenai biaya Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000 saja.

Fasilitas

Di tempat wisata alam ini, juga menyediakan fasilitas yang memadai, seperti toilet, mushola, area parkir luas dan area camping. Jadi anda tidak akan dirugikan telah berkunjung di tempat wisata goa Rancang Kencana ini.