Goa Jomblang Gunungkidul, Destinasi Wisata Alam Penuh Tantangan

Goa Jomblang Gunungkidul cocok anda kunjungi bagi yang suka aktivitas ekstrim. Sebab goa yang satu ini mampu memacu adrenalin dengan cepat. Goa Jomblang biasa disebut juga dengan Goa Vertikal sebab, mulutnya berada di permukaan tanah. Bahkan untuk masuk kedalam membutuhkan keahlian khusus untuk bermain dengan tali. Gunungkidul memiliki banyak destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Tidak hanya wisata pantainya yang menakjubkan. Namun, banyak lokasi wisata lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya yaitu goa. Banyak sekali tempat wisata goa yang menampilkan berbagai pesona alam. Medan goa cukup menantang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Kedalaman mencapai 15-80 meter. Bagi yang ingin berkunjung harus memiliki fisik yang kuat. Sebab dibutuhkan keahlian khusus menggunakan tali untuk bisa mencapai dasar gua.

Goa Jomblang Gunungkidul, Destinasi Wisata Alam Penuh Tantangan
id.pinterest.com

Wisata Goa Jomblang Gunungkidul

Yogyakarta terkenal dengan destinasi wisatanya yang beragam. Hal ini sudah tidak bisa dipungkiri jika banyak wisatawan yang sengaja berkunjung hanya untuk liburan. Gunungkidul menjadi salah satu wilayah yang memiliki destinasi wisata alam menarik. bahkan Goa Jomblang menjadi salah satu tujuan yang bisa anda kunjungi.

Untuk bisa mencapai lokasi dasar goa anda harus menyusuri dengan berjalan kaki. Apalagi kedalamannya cukup bervariasi membuat pengunjung harus ekstra hati-hati. Ada pemandu yang akan mengarahkan anda saat menyusuri goa. Setelah sampai di dasar goa anda akan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Ada banyak tumbuhan yang bisa anda temui serta bentuk karst yang cantik.

Jalur Masuk Ke Dalam Goa Jomblang

Jalur masuk goa Jomblang terbagi menjadi beberapa bagian. Untuk jalur pertama dengan kedalaman 15 meter. Jalur ini masih bisa dilalui dengan berjalan kaki meski cukup terjal. Ada jalur dengan kedalaman beragam. Mulai dari 40 m, 60 m sampai dengan kedalaman 80 m.

Semuanya memiliki jalur berbeda. Namun, bagi anda yang baru pertama kali berkunjung ada pelatihan terlebih dulu. Latihan tentang cara menuruni goa dengan aman. Ada juga pemandu yang akan mengiringi anda saat perjalanan menyusur goa Jomblang.

Fasilitas

Saat anda berkunjung ke goa Jomblang akan diberikan fasilitas yang mampu membuat anda nyaman. Sebab, di tempat wisata ini tersedia kamar mandi atau toilet.

Selain itu, lokasi parkir serta tempat ibadah. Namun, jika anda ingin singgah bisa mendatangi tempat Kepala Dukuh setempat.

Harga Tiket Masuk

Saat berkunjung ke goa Jomblang Gunungkidul anda perlu biaya tiket masuk Rp. 450.000-Rp. 1.000.000. Memang cukup mahal untuk menikmati indahnya wisata alam yang satu ini. Sebab, untuk bisa menyusuri goa anda perlu menyewa pemandu. Bahkan membutuhkan peralatan yang tidak sedikit.

Harga tiket tersebut berlaku untuk per orang saja. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan anda perlu membayar Rp 3.000 saja. Namun, berbeda jika anda memiliki peralatan caving sendiri. Hal ini bisa lebih menghemat biaya.

Lokasi

Meski goa Jomblang termasuk destinasi wisata ekstrim namun, banyak juga yang berkunjung. Lokasi wisata alam yang satu ini tepatnya berada di Padukuhan Jetis Wetan. Berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kecamatan Semanu, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Jam Buka

Goa Jomblang memiliki pesona alam yang menarik. Saat anda berkunjung sebaiknya datang pukul 08.00 – 14.00. Namun, jika anda ingin mendapatkan pemandangan yang luar biasa sebaiknya datang pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Sebab, waktu tersebut sinar matahari bisa masuk dengan sempurna ke dalam goa.

Goa Jomblang Gunungkidul menjadi tempat wisata alam yang memiliki panorama menarik. Apalagi jika anda mengunjungi pada waktu yang tepat.