Gunung Ireng Patuk Dengan Pesona yang Menakjubkan

Anda yang suka berburu sunrise di daerah yogyakarta, tentu wajib mencobanya di Gunung Ireng Patuk. Selain itu, ada banyak tempat menakjubkan lainnya di Yogyakarta, khususnya Gunungkidul. Anda bisa menikmati berbagai keindahan alam yang masih asri di sini.

Gunung Ireng merupakan salah satu objek wisata yang cukup terkenal dan ada banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesana. Kebanyakan wisatawan mengaku ingin melihat matahari terbit dari sana.

Memang Gunung Ireng menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, terutama pada saat sunrise. Keindahan dari matahari terbitnya yang sangat menawan, tentunya harus diabadikan dengan baik.

Gunung Ireng Patuk Dengan Pesona yang Menakjubkan

Keindahan Gunung Ireng Patuk

Anda bisa menikmati keindahan yang menakjubkan dari atas Gunung Ireng. Apalagi jika waktu anda pas, anda akan melihat kombinasi kabut dengan cahaya matahari yang bercampur, tentunya sangat menawan.

Karena hal ini, wajar saja Gunung Ireng menjadi tempat terfavorit menikmati matahari terbit atau sunrise hunter. Dengan keindahan yang menakjubkan, tentunya  akan menyihir dan membuat anda semakin betah berlama-lama di sana.

Lokasi dari tempat ini adalah di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk bisa sampai di tujuan, biasanya membutuhkan waktu 1 jam dari kota Yogyakarta dengan jarak kurang dari 25 kilometer.

Rute Perjalanan

Tak hanya jaraknya yang cukup dekat dari kota Yogyakarta. Rute untuk bisa sampai ke Gunung Ireng Patuk ini juga cukup mudah. Anda tidak perlu melewati tempat-tempat terpencil dan meninggalkan jalan aspal untuk bisa menikmati keindahan dari gunung ini.

Jika anda ingin berwisata ke tempat ini, anda hanya perlu melewati jalan utama dari Yogyakarta menuju kota Wonosari yang melewati Bukit Bintang. Setelah itu, anda bisa belok kanan saat anda sampai pada Tugu Selamat Datang di Gunungkidul.

Setelah anda melewati tugu selamat datang anda akan menemukan sebuah perempatan. Di sana anda bisa memilih belok kanan, karena jalan itu adalah jalan menuju kecamatan Dlingo. Sayangnya anda hanya bisa melewati jalan utama sejauh 240 meter saja.

Setelah itu, anda akan kembali menemukan pertigaan. Anda bisa memilih jalan lurus menuju patok-pengkol, jangan ke arah kanan menuju kecamatan Dlingo. Anda bisa mengikuti jalan utama sejauh 3,6 kilometer sampai tugu yang berada di tengah jalan, bernama Tugu Semar Pengkok.

Setelah itu, anda bisa memilih belok kanan dan ikuti jalan utama, jika sudah hampir sampai anda akan menemukan penunjuk arah yang akan menunjukan area parkir Gunung Ireng Patuk. Seterusnya anda hanya perlu mengikuti petunjuk arah tersebut.

Area jalannya pun juga sudah bagus sehingga akan aman jika anda menggunakan mobil sekalipun. Anda hanya perlu berhati-hati karena jalannya cukup sempit.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk area Gunung Ireng Patuk ini tidak mahal. Harganya cukup terjangkau bagi semua kalangan. Harga tiket masuknya hanya 3.000 rupiah saja ditambah dengan biaya parkir. Untuk biaya parkir kendaraan bermotor hanya 2.000 dan untuk mobil 5.000.

Dari parkiran wisata, anda bisa langsung berjalan sampai ke puncak. Meski julukannya, gunung namun untuk sampai ke puncaknya tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk bisa sampai ke puncak gunung.

Di puncak Gunung Ireng, anda bisa bebas berfoto ria dengan berbagai spot foto yang sudah disediakan. Tentunya spot foto di sana tidak dikenai biaya tambahan sehingga anda bisa dengan bebas berfoto dengan keindahan alamnya.

Dengan keindahan Gunung Ireng Patuk, anda bisa sekedar melepas penat dan menikmati segelintir keindahan alam yang menawan hati. Dengan begini, beban anda juga akan sedikit berkurang. Anda bisa kembali bekerja dengan baik.